Selasa, 08 Mei 2012

Permohonan SIM Harus Diperketat

 
Rabu, 15 Februari 2012 15:36 Fetika Andriyani Dilihat: 78 Kali
Cetak PDF
SIM

Sumber foto : lifeinthetropics.cyberbali.com

RRI-Jogja News, Permohonan Surat Ijin Mengemudi SIM harus diperketat menyusul meningkatnya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus dan truck.
Tanggung Jawab Berkendara di Jalan Raya dinilai Masih Rendah. Hal tersebut terbukti dari meningkatnya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus dan truck disejumlah wilayah akhir-akhir ini. Pengamat masalah transportasi dari Pusat Studi Transportasi dan Logistik – PUSTRAL - UGM Lilik Wachid Budi Susilo,  mengatakan banyak angka kecelakaan yang melibatkan bus dan truck tidak lepas dari longgarnya aparat dalam memberikan SIM pada para pengguna. Sebab selama ini kompetensi Surat Ijin Menegemudi hanya ditekankan pada aspek teknis saja,  namun tidak mencakup aspek kognisi yakni tanggungjawab pemegang SIM. Padahal, rasa tanggung jawab yang menyangkut keselamatan orang lain justru lebih penting untuk ditekankan. Bukan saja pengendara kendaraan pribadi tetapi khususnya juga pengendara kendaraan umum yang membawa keselamatan orang banyak.
Selain penggunaan SIM banyak faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan baik yang berasal dari kendaraan umum maupun pribadi. Beberapa faktor tersebut antara lain mengenai aturan laju kendaraan. Menurut Lilik standar kecepatan berkendara di jalan raya selama ini tidak jelas penerapannya. Aturan rambu lalu lintas seharusnya bisa diakses pengguna jalan di banyak ruas jalan, namun kenyataannya ruas jalan justru banyak digunakan untuk papan reklame.
Untuk menekan angka kecelakaan maka efek jera harus lebih ditekankan. Menurut Lilik pemerintah perlu mempertimbangkan denda bagi pelaku sebab di negara lain sistem hukuman denda efektif untuk menekan kecelakaan. Menurut Lilik, sistem ganti rugi akan menjadi pertimbangan agar masyarakat lebih berhati-hati ketika berkendara di jalan.

http://rrijogja.co.id/berita/nasional/berita-pertahanan-keamanan/1037

Tidak ada komentar:

...selamat datang...dab....

.....transportasi dll..........